Jumat, 10 September 2010

Menengok Lebaran Ala Mahasiswa Indonesia di Mesir

Acara Gema Takbir Akbar digelar untuk mengobati kerinduan di tanah air

Gema takbir telah berkumandang di seluruh dunia. Umat Islam di seluruh dunia, dengan suka dukanya tengan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dengan harapan dapat merasakan Ramadhan tahun depan kembali.

Banyak hal yang dilakukan umat Islam untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Di Indonesia misalnya, budaya menyambut hari raya akbar ini sangat beragam sekali. Mulai dari tradisi pulang kampung, silaturrahim dari rumah ke rumah, takbir keliling, dan lain sebagainya.

Kemeriahan dalam menyambut datangnya lebaran Idul Fitri ini tidak saja ada di Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia yang ada di Mesir, kemeriahan tersebut juga terasa cukup kental. Meskipun jauh dari kampung halaman, namun semangat kekeluargaan sebagai sesama Warga Negara Indonesia masih dapat menghibur diri di saat momen-momen berharga.

Dalam rangka menyambut kemeriahan Idul Fitri, masyarakat Indonesia di Mesir menggelar acara Gema Takbir Akbar pada malam lebaran, yang bertempat di bumi perkemahan Universitas Al-Azhar. Acara tersebut diadakan dalam rangka sedikit mengobati kerinduan dengan kaluarga yang jauh berada di Indonesia.

"Acara ini diadakan untuk menghidupkan suasana kampung halam Indonesia di sini," tutur ketua IKPM Cabang Kairo, organisasi penggagas acara ini, dalam sambutannya.

Sedangkan Bapak Duta Besar RI untuk Mesir, A. M. Fachir dalam sambutannya mengingatkan para mahasiswa akan esensi keberadaan mereka di sini sebagai utusan bangsa. Fachir juga menghimbau melalui acara Gema Takbir Akbar ini, agar dapat menumbuhkan semangat kebersamaan antara sesama mahasiswa, dan memberikan kontribusinya kepada negara.

Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba takbiran antar organisasi Kekeluargaan yang ada di Mesir. Beberapa penampilan yang dipersembahkan oleh panitia juga turut memeriahkan suasana malam takbiran di tengah-tengah ratusan mahasiswa Indonesia yang menghadiri acara tersebut..

Besok harinya, Jum'at (10/9), seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Mesir mengadakan shalat 'Id berjama'ah. Usai shalat, kegiatan dilanjutkan dengan acara silaturrahim dan ramah tamah yang diadakan oleh KBRI Cairo.

Sumber: Hidayatullah.com

0 komentar:

Posting Komentar